KARYA TULIS ILMIAH



PROPOSAL
PENGEMBANGAN USAHA BENGKEL MOBIL
“DARWIS CAR&CARE”

A.   PENDAHULUAN
Kampung Nagrak yang terletak di Kecamatan Periuk Kotamadya Tangerang merupakan lokasi yang sangat strategis dan mempunyai prospek usaha yang bagus, karena lokasi tersebut merupakan pusat dari kegiatan ekonomi masyarakat dan terletak dipersimpangan jalan, baik dari arah Kotabumi, kota Tangerang, dan kabupaten Tangerang.
Atas dasar inilah, maka Bangkel Mobil ”DARWIS CAR&CARE” ini dibangun pada tahun 2015 di kampung Nagrak Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Di Kecamatan Periuk hanya terdapat beberapa Bangkel Mobil yang menjadi kompetitor dari Bengkel “DARWIS CAR&CARE”.
Pada tahun pertama sejak Bangkel Mobil “DARWIS CAR&CARE” ini dibuka, memang masih sedikit konsumen yang datang ke bengkel ini, sehingga pada tahun 2016 kami berusaha untuk membangun Atap bengkel untuk lebih menarik konsumen datang ke Bengkel kami dengan biaya sendiri. Usaha ini pun membuahkan hasil, konsumen yang datang ke Bengkel kami mengalami peningkatan dari sebelumnya dan beberapa di antaranya menjadi pelanggan.
 Dalam perkembangannya, karena peningkatan kompetitor dan konsumen, akhirnya pada akhir tahun 2016 ini Bangkel Mobil “DARWIS CAR&CARE” mengalami banyak kekuarangan di bidang fasilitas dan peralatan Bengkel untuk servis Mobil. Sehingga pada akhir 2016, Bangkel Mobil “DARWIS CAR&CARE” kami ini mengalami penurunan jumlah konsumen dan omzet yang sangat drastis dalam setiap bulannya, dan bahkan seringkali dalam satu hari tidak mendapatkan konsumen sama sekali.
Berdasarkan kondisi inilah, maka dengan ini kami mengajukan proposal Pengembangan Usaha Bangkel Mobil “DARWIS CAR&CARE” ini yang merupakan bagian dari Home Industri masyarakat.


B.   GAMBARAN SINGKAT USAHA BENGKEL
Usaha Bengkel Mobil “DARWIS CAR&CARE” ini merupakan usaha perseorangan yang didirikan sejak tahun 2015. Usaha Bengkel ini terletak di Kampung Nagrak Kecamatan Periuk Kotamadya Tangerang Provinsi Banten dengan pemilik bernama Andri Darwis.
Sejak dibuka pada tahun 2015, Bengkel ini dijalankan oleh dua orang yang merupakan kakak beradik dalam bangunan Bengkel seluas 72 m2 (8x9).
Biaya pengadaan peralatan dan operasional setiap harinya berasal dari pemilik sendiri dan tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun pihak swasta lainnya. Sehingga pada saat ini Bangkel Mobil “DARWIS CAR&CARE” mengalami penurunan yang sangat drastis karena minimnya fasilitas dan peralatan yang dimiliki.

C.   TUJUAN
Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam pengajuan proposal pengembangan Bangkel Mobil “DARWIS CAR&CARE” ini adalah :
  1. Menciptakan lapangan pekerjaan yang madiri dan berkesinambungan.
  2. Membangun ekonomi kerakyatan yang berbasis pada kemampuan sendiri.
  3. Memberikan pelayanan yang prima kepada semua konsumen dan pelanggan Bangkel Mobil “DARWIS CAR&CARE”.
  4. Peningkatkan mutu pelayanan dan omzet Bengkel Mobil  DARWIS CAR&CARE”.

D.   NAMA PEMILIK DAN NAMA BENGKEL
Pemilik dari pada bengkel ini adalah Andri Darwis, dengan nama bengkel “DARWIS CAR&CARE”.

E.    TEMPAT  USAHA BENGKEL
Kegiatan usaha bengkel ini berlokasi di Jalan Raya Kutabumi Nagrak km 7, Kampung Nagrak, Kacamatan Periuk, Kotamadya Tangerang,  Propinsi Banten.


F.    PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
NO
RINCIAN
NOMINAL
1
Air Ampca
Rp.      1.000.000,-
2
Air Engkol /Kunci Angin
Rp.      1.000.000,-
3
Torsi
Rp.      2.000.000,-
4
Mikro Digital
Rp.      1.500.000,-
5
Tes Injection Solar
Rp.      3.500.000,-
6
Sketmat Digital
Rp.      1.500.000,-
7
Timing Ligh Bensin
Rp.         500.000,-
8
Timing Ligh Solar
Rp.      1.000.000,-
9
Renovasi Bangunan Bengkel
Rp.      3.000.000,-
TOTAL
Rp.    15.000.000,-


G.   PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat. Semoga mendapatkan bantuan demi pengembangan usaha kerakyatan dan penciptaan lapangan pekerjaan yang mandiri. Amin.

H.   LEMBAR  PENGESAHAN

Tangerang, 27 Desember 2016

Mengetahui,

Kepala Kecamatan Periuk





Muhammad Abdul Aziz
Pemilik Usaha Bengkel





Andri Darwis

Share on Google Plus

About Darwis

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar